KOMPETENSI GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH DAN TSANAWIYAH
Abstract
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Kompetensi guru juga diistilahkan dengan kemampuan guru atau kinerja guru yang satu sama lain berbeda penempatannya telah banyak dikaji mengingat peran guru yang sangat penting untuk pelaksanaan pembelajran di sekolah/madrasah. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menyangkut tiga fungsi manajerial yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Kemampuan guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran selalu menjadi kambing hitam penyebab rendahnya pemahaman siswa selama ini. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran di madrasah Aliyah dan Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi di madrasah Aliyah dan Tsanawiyah di Aceh Barat diambil menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data adalah teknik Observasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran biologi pada sekolah berbasis Islam/madrasah di Aceh juga termasuk dalam kategori cukup dengan angka persentase 69,70. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi kemampuan menggunakan metode, media, dan sumber belajar sudah termasuk dalam kategori baik, yang membuat kemampuan guru dalam pelaksaan ini turun adalah ketidakadaan LKS dalam pembelajaran yang digunakan. Hanya guru 2 yang menggunakan LKS. Sehinga kalau komponen ini tidak dimasukkan, maka angka persentasenya adalah 72,5 atau termasuk dalam kategori baik.