PEMBELAJARAN SISTEM INDERA BERBASIS QUR’ANI DENGAN MENGGUNAKAN BULLETIN BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIPA SMAN 5 BANDA ACEH

Abstract

Pembelajaran sistem indra SMA di Aceh yang mayoritas utama penduduknya adalah muslim disajikan terlepas dari ayat-ayat Al-Qur’an, serta hanya membahas teori saja tanpa mengambil hikmahnya, seperti pembelajaran sistem indra kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh, para siswa tidak tahu ayat-ayat apa saja yang berhubungan dengan materi sistem indra. Pembelajaran di SMA cenderung tidak terlalu mendalam kajian ilmu agamanya, namun demikian bukan berarti pembelajaran terpisah dari Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah respon dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media Bulletin Board pada materi Sistem Indra berbasis Qur’ani. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dan sampelnya adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Pre Experimen dengan teknik pengumpulan datanya berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran berbasis Qur’ani dengan media Bulletin board tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80% serta hasil belajar siswa terbukti meningkat dengan  thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 18,30 dan ttabel = 1,714).