HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI SMA INSHAFUDDIN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran  sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA SMA Inshafuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dan media video animasi pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang peserta didik di kelas XI IPA. Penelitian ini di lakukan di SMA Inshafuddin pada bulan Februari 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dengan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik di kelas eskperimen sebesar 88 % (sangat baik) sedangkan di kelas kontrol sebesar 68 % (baik). Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara penerapan model kooperatif tipe make a match  dan media video animasi dengan pembelajaran secara konvensional.