ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM WORKSHOP SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) DI FKIP UNSYIAH

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Kemampuan Peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) di FKIP UNSYIAH, bertujuan untuk: mendeskripsikan kegiatan dan hasil workshop SSP peserta PPG Prodi Pendidikan Biologi di PPG FKIP Unsyiah. Subjek penelitian adalah seluruh peserta PPG Prodi Pendidikan Biologi yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari Instrumen Penilaian Aktivitas Peserta, Instrumen Penilaian Sejawat, Instrumen Penilaian Peer Teaching, Instrumen Penilaian RPP, dan Instrumen Penilaian proposal PTK. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai workshop peserta pada Aktifitas (88), Penilaian teman sejawat (95), peer teaching (88), RPP (96), dan proposal PTK (86). Kegiatan workshop terdiri dari: Pleno 1, Pleno 2, Diskusi kelompok, Kerja kelompok dan mandiri, Pleno 3, Revisi perangkat, dan Persetujuan Perangkat Pembelajaran. Produk workshop SSP terdiri dari RPP, LKS, Media ajar, Instrumen evaluasi, dan Materi Ajar. Kesimpulan penelitian adalah kegiatan workshop SSP PPG Program Studi Pendidikan Biologi sudah berjalan dengan baik sesuai dengan panduan yang telah disusun. Rerata nilai workshop peserta PPG Prodi Pendidikan Biologi pada katagori Sangat Baik (nilai aktivitas, teman sejawat, peer teaching, RPP, dan proposal PTK).