PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MAS PESANTREN MODERN TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Abstract

 Rendahnya prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran biologi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Peran guru dalam mengembangkan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI  IPA MAS Pesantren Modern Tgk. Chik Oemar Diyan Aceh Besar melalui penerapan media audio-visual pada materi sistem reproduksi manusia. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan desain random pre-test, post-test. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPA- I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA- 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov test dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Berdasarkan pengolahan data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media audio-visual pada materi sistem reproduksi manusia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA MAS Pesantren Modern Tgk. Chik Oemar Diyan Aceh Besar dengan nilai rata-rata 82.0 pada kelas eksperimen dan 73.3 pada kelas kontrol. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) 0,0 00 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.