PROSES PERTUMBUHAN BERMACAM TANAMAN MELALUI PENDEKATAN PHOTOVOICE: MENJAWAB TANTANGAN PELESTARIAN PLASMA NUTFAH DI ERA DIGITAL

Abstract

Plasma nutfah sudah tidak asing lagi bagi guru biologi, tetapi tidak berlaku untuk semua siswa. Ada cara menarik untuk menggugah keingintahuan siswa agar pemahaman tentang plasma nutfah dapat ditanamkan, yaitu memberikan tugas dengan menggunakan pendekatan photovoice. Melalui photovoice siswa mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya melalui sasaran lensa kamera digital. Para guru selain berlatih untuk mendengarkan atau menerima pendapat dari siswa dalam proses pembelajaran, juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyiapkan tugas terkait pelestarian plasma nutfah di era digital. Penelitian ini bertujuan menawarkan metode pelestarian plasma nutfah sejak dini kepada siswa melalui pemberian tugas untuk menumbuhkan bermacam biji-bijian atau tanaman sayuran yang berasal dari sisa bahan di dapur dan mengabadikan melalui sasaran lensa kamera digital. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk mengumpulkan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunanaan pendekatan photovoice dapat menumbuhkan minat siswa dalam pelestarian plasma nutfah yang beragam dan mencegah terjadinya erosi plasma nutfah.