PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang  valid. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method dengan jenis penelitian research and development. Penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan Borg and Gall dengan langkah-langkah studi pendahuluan, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi desain produk dan laporan produk akhir. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil validasi menggunakan lembar validasi. Lembar validasi terdiri dari empat aspek, yaitu (1) kualitas tampilan, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan bahasa, dan (4) kelayakan isi yang masing-masing aspek berisi pernyataan dengan jumlah keseluruhan 65 pernyataan dengan menggunakan skala penilaian 1 sampai dengan 4. Validator dalam penelitian ini merupakan ahli bidang biologi berjumlah delapan validator dengan jenjang pendidikan S1 (guru) empat validator dan S2 (Dosen) 4 validator. Hasil validasi oleh validator dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana dengan bantuan SPSS 18.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar biologi berbasis kearifan lokal berkriteria valid dengan nilai rata-rata persentase 93,89%.