PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMAN 1 KUTA COT GLIE ACEH BESAR
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Cot Glie pada materi sistem pencernaan makanan salah satunya disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa masih kurang berpartisipasi, kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model role playing pada materi sistem pencernaan di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar. Rancangan penelitian yaitu pre-eksperimen dengan One Group Pre-test Post-test Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI-IA sebanyak 27 siswa. Sampel pada penelitian ini adalalah siswa kelas XI-IA. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran soal tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata pre-test 25,03 sedangkan nilai rata-rata post-test 85, 33 sehingga diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel, dengan nilai thitung = 2,00660 serta ttabel = 1,70562. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan kelas XI-IA di SMAN 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar.