PEMAHAMAN HAKEKAT SAINS DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SAINS

Abstract

Sains mengandung tiga hal yaitu proses (merupakan usaha-usaha manusia untuk memahami alam semesta dengan melakukan prosedur dan pengamatan yang tepat dan benar). Kedua, sains sebagai produk yang merupakan kesimpulan yang di peroleh dari proses yang telah dilakukan oleh para ilmuan baik berupa sejumlah fakta, konsep, prinsip, hukum, dan teori yang telah didokumentasikan dalam bentuk tulisan. Selain proses dan produk sains juga mencakup sikap ilmiah yang merupakan sikap yang harus di miliki oleh para ilmuan dalam memperoleh produk sains. Tiga hakekat sains ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan oleh karena itu para pengajar sains hendaknya memahami dengan benar apa hakekat sains sehingga dapat mengaplikasiknnya dalam proses belajar mengajar sains. Penelitian tentang pemahaman hakekat sains dengan aplikasinya dalam pembelajaran bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pemahaman guru tentang hakekat sains dengan aplikasi pembelajaran IPA di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang memahami hakekat sains dengan baik akan berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip hakekat IPA dalam pembelajaran secara utuh dan menyeluruh demikian juga sebaliknya guru yang tidak memahami hakikat sains cenderung hanya mengajar konsep-konsep IPA dalam pembelajaran dan hanya fokus pada satu aspek hakekat IPA saja.