PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Rendahnya keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa menunjukan masih lemahnya proses pembelajaran di sekolah, seperti halnya dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan strategi untuk dapat menunjang keterampilan bertanya sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pengaruh penerapan strategi giving question and getting answer terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Penelitan ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain non-equivalent control group design dengan pemberian pre-test kemudian treatment dan post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan bertanya siswa dan soal tes berbentuk pre-test dan post-test, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentasi untuk keterampilan bertanya dan analisis statistik uji-t untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan bertanya siswa pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebanyak 62,73% dan pada kelas kontrol 52,03%, dan penerapan strategi giving question and getting answer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai post-test kelas ekperimen yaitu = 77,23% lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol = 66,5%. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,25 > 1,69. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan bertanya siswa pada persentase sedang serta penerapan strategi giving question and getting answer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar.