PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LIVING VALUES (KERJA SINERGI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Ciri abad 21 adalah berkembangnya teknologi yang pesat, sehingga zaman pun berubah semakin cepat. Kerja sinergi merupakan salah satu living values yang dapat mengimbangi cepatnya perkembangan zaman. Ciri kerja sinergi adalah kerja bersama antar individu mandiri untuk menyelesaikan suatu hal secara cepat dan tepat. Living values dapat dicapai melalui pendekatan komprehensif (Kirschenbaum, 1995). Sejauh ini belum tersedia instrumen penilaian kerja sinergi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen penilaian kerja sinergi dalam pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Penelitian research and development ini terdiri 8 langkah, yaitu (1) menentukan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen, (3) menentukan skala pengukuran, (4) menentukan sistem penskoran, (5) menelaah instrumen, (6) melakukan uji coba, (7) menganalisis instrumen, (8) merakit instrumen. Penelitian dilakukan pada siswa SMA/MA Kabupaten Wonosobo yang melaksanakan pembelajaran fisika. Teknik pengambilan data meliputi angket, observasi, dan wawancara. Analisis data berupa uji validasi (isi dan konstuk) dan reliabilitas. Uji reliabilitas dilakukan dengan melihat nilai alpha Cronbanch. Hasil penelitian yaitu dihasilkannya instrumen penilaian kerja sinergi yang valid dan reliabel. Validitas isi instrumen secara kaseluruhan berada pada kriteria sangat baik dan cukup baik. Hasil analisis faktor diketahui bahwa semua item angket memenuhi validitas konstruk. Nilai alpha Cronbach angket sebesar 0,680 dengan kategori sedang.