ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PPL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN AR-RANIRYBANDA ACEH (STUDI DESKRIPTIF KEGIATAN PPKPM)

Abstract

Keterampilan dasar mengajar adalahkecakapan standar yang harus dimiliki oleh guru yang bersifat mendasar dan harus dikuasai dalam melaksanakan tugas sebagai profesi seorang pengajar.Keterampilan ini sebagai modal awal untuk melaksanakan tugas-tugas pembelajaran secara terencana dan professional di sekolah.Tulisaninibertujuanuntukmengetahui keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL pada kegiatan PPKPM FakultasTarbiyahdanKeguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Keterampilan dasar mengajar yang dianalisa meliputi: mempersiapkan siswabelajar, penerapan konsep apersepsi, penguasaan materi, penggunaan metode/media, keterampilan bertanya, keterampilan menjawab, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola kelas, penggunaan LKS, gaya menulis dan mutu tulisan, gaya berkomunikasi dan bahasa lisan serta rangkuman atau penguatan. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif analisis. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa PPL pada SMP Negeri 1 Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi pembelajaran.Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi pembelajaran yang berisi indikator tentang keterampilan dasar mengajar yang dirancang sesuai dengan aspek yang diamati.Tehnik analisis data yaitu lembar observasi dianalisis dengan rumus persentase, selanjutnya dideskripsikan sesuai dengan pertanyaan penelitian pada setiap aspek keterampilan dasar mengajar.Hasil penelitian dapatdisimpulkanbahwakemampuan mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar pada kegiatan PPKPM secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan persentase mencapai 76,04%, dan dengan nilai rata-rata kemampuan berkisar 36,50.