INQUIRY LABORATORY SEBAGAI ALTERNATIF INOVASI KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TINGKAT DASAR
Abstract
Biologi umum merupakan mata kuliah yang memiliki materi indentik dengan praktikum, berdasarkan hasil pengamatan awal, 20% mahasiswa belum memiliki pemahaman dalam melakukan kerja ilmiah dalam ber-inquiry melalui praktikum. Secara khusus penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan inquiry laboratory melalui kegiatan praktikum terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester I FKIP Biologi Universitas Almuslim, pengambilan data dilakukan pada bulan Maret-Juni 2017, penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan populasi seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah biologi umum berjumlah 40 orang. Sedangkan sampel penelitian adalah keseluruhan dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan pengisian LKM atau panduan praktikum, untuk melihat hasil inquiry mahasiswa melalui praktikum, sedangkan instrumen menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar mahasiswa, kemudian data dianalisis secara statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan inquiry laboratory mahasiswa melalui praktikum dapat di kategori baik dengan perolehan skor > 65 sebesar 77% dari jumlah mahasiswa (2) sedangkan hasil belajar mahasiswa yang diperoleh melalui praktikum pada mata kuliah biologi umum, dengan menggunakan taraf sigfikan α= 0,05, maka di peroleh thitung ≥ ttable yaitu 1,83 ≥ 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa melalui inquiry laboratory pada kegiatan praktikum dan hasil belajar pada mata kuliah biologi dasar sudah efektif.