PEMANFAATAN JENIS TUMBUHAN DARI FAMILI SOLANACEAE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SUB KONSEP KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaranbiologi yang dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah kurang bervariasinya metode atau teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru.Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan suatu penerapan dengan memanfaatkan media berupa sumber belajar dari lingkungan siswa yaitu tumbuhan famili Solanaceae sebagai salah satu alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan jenis tumbuhan dari famili Solanaceae dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Aceh Besar pada sub konsep klasifikasi tumbuhan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/byang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen untuk menerapkan teknik pembelajaran melalui pemanfaatan famili Solanaceae. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara meberikan evaluasi secara terpisah yaitu pre tes dan post tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengolahan data dengan menggunakan statistik uji-t, dan dari hasil analisis data diperoleh t hitung = 3,60 sedangkan t tabel = 2,09 pada taraf signifikan 0,05 maka thitung ≥ t tabel. Artinya proses pembelajaran melalui pemanfaatan famili Solanaceae sebagai media pembelajaran dapat digunakan/diterima sebagai penunjang pembelajaran. Hasil belajar siswa melalui pemanfaatan jenis tumbuhan dari famili Solanaceae sebagai media pembelajaran adalah baik dengan perolehan nilai rata-rata 71,31. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII/b SMPN 1 Simpang Tiga Aceh Besar pada sub konsep klasifikasi tumbuhan meningkat dengan pemanfaatan jenis tumbuhan dari famili Solanaceae sebagai media pembelajaran.