MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM BERDISKUSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sains hendaknya dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa ke arah yang lebih matang, bekerjasama, bersikap terbuka, percaya diri, memiliki keterampilan kerja, keterampilan komunikasi dan keterampilan sosial lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan mahasiswa dalam diskusi kelas melalui model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode resitasi menggunakan model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Mahasiswa diminta untuk membaca topik perkuliahan kemudian mengambil intisari dan menyusun pertanyaan yang substansial dari hasil bacaan tersebut. Materi yang ditugaskan adalah Bryophyta dan Pteridophyta. Keaktifan dalam diskusi kelas dinilai saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan rubrik diskusi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi dari tahapan-tahapaan yang telah dilaksanakan. Dengan demikian penerapan model Reading Questioning and Answering (RQA) dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah