SIKAP ILMIAH DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SCIENCE (NOS) BERBANTUAN E-BOOK ONLINE PADA MATERI PEWARISAN SIFAT KELAS IX MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kondisi pembelajaran di Kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang belum dapat mengembangkan keterampilan literasi sains dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains, sikap ilmiah  dan pengaruh penerapan model NoS berbantuan e-book online terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya dalam materi pewarisan sifat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data literasi sains pada penelitian ini diambil dari hasil tes. Sedangkan data sikap ilmiah diambil dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Literasi sains peserta didik sebesar 64,51% menunjukkan kategori yang tinggi dan sikap ilmiah peserta didik sebesar 73,77% menunjukkan kategori yang baik pada peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya, (2) Terdapat pengaruh model NoS berbantuan e-book online terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya pada materi pewarisan sifat dengan nilai thitung>ttabel yaitu 5,147>1,665 dan 6,222 >1,746.