TANGGAPAN SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI CIRI MAKHLUK HIDUP DI SMPN 2 LHOONG ACEH BESAR

Abstract

Pembelajaran biologi khususnya pada materi ciri-ciri makhluk hidup yang berlangsung selama ini lebih menitikberatkan pada implementasi gambar yang ada di buku paket dan belum pernah menggunakan media langsung, sehingga menimbulkan kebosanan bagi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti ingin memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran, karena dapat melatih siswa untuk lebih aktif dan berfikir kritis dalam menghubungkan apa yang diperoleh di kelas dengan objek nyata yang ada di lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMPN 2 Lhoong Aceh Besar. Adapun metodelogi penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan sampel penelitian kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar tanggapan siswa. Analisis data hasil lembar tanggapan siswa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah memiliki respon yang sangat positif terhadap pembelajaran dengan persentase rata-rata 80,94%.