Regulasi Emosi Ibu Bekerja Saat Mendampingi Anak Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk beradaptasi dan menyesuaikan banyak hal, baik dalam metode mengajar, metode pemberian tugas, sampai pada pelibatan orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Pada ibu yang juga bekerja, situasi ini menyebabkan bertambahnya peran ibu, yang bukan hanya sebagai istri, ibu, dan pekerja, namun juga sebagai pengganti guru selama proses pembelajaran daring dilaksanakan. Munculnya berbagai macam konflik peran ini menimbulkan berbagai macam respon emosi, sehingga kemampuan regulasi emosi menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui regulasi emosi pada ibu bekerja yang mendampingi anak menjalani pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Instrumen pada penelitian ini adalah Emotion Regulation Questionnaire, skala Regulasi Emosi, dan wawancara semi-terstruktur pada beberapa subjek secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi ibu bekerja yang mendampingi anak menjalani pembelajaran daring berada dalam taraf sedang-tinggi sebanyak 86,21%. Sedangkan strategi regulasi emosi yang digunakan adalah cognitive reappraisal.