Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini
Abstract
Gadget adalah salah satu alat teknologi saat ini yang memiliki dampak positif dan negatif. Namun, kebanyakan penggunaan gadget yang digunakan pada anak usia dini memiliki dampak negatif, salah satunya dalam kemampuan sosial emosional anak. Dilihat dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para peneliti terdahulu dalam penggunaan gadget terhadap anak rata-rata mempengaruhi kemampuan interaksi sosial, misalkan anak cenderung diam di depan gadget yang mana dapat mengurangi aktivitas bermain bersama teman. Berdasarkan penelitian, Ketika orangtua meminta anak yang sedang bermain gadget, reaksi mereka rata-rata menolak dengan cara masing-masing seperti marah, rewel atau menangis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian wacana dampak penggunaan gadget (gawai) terhadap kemampuan sosial emosional pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang diambil adalah dari data kepustakaan berupa buku-buku dan jurnal-jurnal penelitian sesuai dengan kajian yang akan diteliti. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan gadget pada anak usia dini memiliki dampak terhadap kemampuan sosial emosional anak.