Atribut Produk Instriksik Dan Ekstrinsik Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Produk Camilan Khas Kota Malang

Abstract

Produk camilan khas merupakan produk yang menampilkan ke khasan suatu daerah selain harus tetap mempertahankan keunggulan bersaingnya sebagai suatu produk makan, dalam menciptakan keunggulan bersaing produknya produsen camilan khas malang perlu mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk khas malang sehingga produk tersebut memiliki karakteristik yang dapat ditonjolkan dan menjadi sebuah keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Atribut produk intrinsik (desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang, atribut produk ekstrinsik (kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, bentuk) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang dan menjelaskan atribut produk yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang. Penelitian menggunakan metode penelitian explanatory survey. Di toko tempat penjualan camilan khas Malang di kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 140 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Confirmatory Faktor Analysis (CFA).Temuan penelitian ini ketujuh atribut produk intrinsik yang terdiri dari: kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, dan bentuk serta ketujuh atribut produk ekstrinsik yang terdiri dari: desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan merupakan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk camilan khas Malang. Serta atribut sensori (rasa dan aroma) merupakan atribut yang paling di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Malang.