Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center (UHC) Untuk Mendukung Peningkatan Pendapatan Bisnis Kampus

Abstract

Fenomena produk halal dan disahkannya Undang-Undang terkait Jaminan Produk Halal menjadi tren industri halal. Dengan diterbitkannya regulasi tersebut, banyak perguruan tinggi yang mendirikannya untuk mengakomodir kepentingan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pengembangan model pemasaran di UINSA Halal Center. Usaha yang dilakukan pengelola lembaga dengan pengembangan model pemasaran yang berafiliasi terkait produk layanan halal yang tersedia. Dari sisi pemasaran, perlu pengembangan model pemasaran yang inovatif untuk menyokong berjalannya proses bisnis tersebut. Pada penelitian ini pengembangan model pemasaran diketahui dari hasil pengumpulan data-data observasi yang terperinci. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh langsung dari wawancara. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) Tersedianya peralatan, fasilitas dan sumber daya manusia yang dibutuhkan UINSA Halal Center. (2) Model pemasaran layanan UINSA Halal Center yang sesuai dalam mendukung peningkatan pendapatan kampus melalui; Pemasaran berbasis layanan kebutuhan pokok dan Pemasaran berbasis layanan bahan baku. (3) Kolaborasi bisnis menjadi role model antar lembaga/unit di UIN Sunan Ampel Surabaya untuk peningkatan pendapatan kampus.