Audit Pemasaran Di Badan Usaha Milik Desa “X” Kabupaten Karanganyar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi dari hasil audit pemasaran Badan Usaha Milik Desa “X”melalui perbandingan Competitive Setting Profil dengan Company Alignment Profil. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan audit strategi marketing plus dengan melakukan perbandingan nilai Company Alignment Index (CAI) dan Competitive Setting Index (CSI). Hasil perbandingan CSI lebih besar dari CAI menjelaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa “X” tetap dan fokus untuk lingkup Marketing Oriented dengan langkah; 1. Market Effective, dalam hal ini BUMDes mempunyai strategi yang efektif guna mencapai tujuannya. Perlu diperhatikan juga dalam optimalisasi penjualan pemasarannya. Jika produk dan jasa yang dimiliki BUMDes lebih fokus dan efektif sasarannya kepada konsumen di lingkup BUMDes tersebut. Dalam hal ini masyarakat desa setempat sebagai sasaran pasarnya. 2. Product Differentiation, adanya pembeda dalam produk atau jasa yang dimiliki BUMDes dengan lainnya. Hal ini diperlukan untuk memperoleh perhatian dari konsumen terkait dari manfaat, desain, harga, kualitas, pelayanan produk atau jasa BUMDes tersebut. 3. Balanced Promotion, diperhatikan bahwa dalam aktivitas promosi juga membutuhkan keseimbangan biaya. Kegiatan promosi produk dan jasa BUMDes yang tinggi memerlukan biaya yang tinggi. Sehingga dibutuhkan aktivitas promosi yang efektif namun juga tepat sasaran ke konsumen.