Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Perspektif Islam Menggunakan Metode Analisis SWOT Halal Tourism
Abstract
Obyek wisata Bromo Tengger memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun potensi yang tinggi kurang didukung oleh kemudahan akses untuk mencapai lokasi tersebut. Pada kenyataannya jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara masih sangat rendah bila dibandingkan dengan obyek wisata lain yang ada di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Mixed Method (kuantitatif dan kualitatif). Peneliti akan menggambarkan tentang keadaan lapangan dengan tujuan untuk menemukan formulasi strategi pengembangan pariwisata dengan menggunakan analisis SWOT yang meliputi : Strength , Weakness , Opportunity dan Threat yang dapat dianalisis secara komprehensif. Dari hasil analisis IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary) diperoleh gambaran bahwa “ Destinasi Bromo Tengger dipandang memiliki daya kompetitif yang rendah untuk menghadapi ancaman dari destinasi wisata lainnya. Oleh karena itu strategi yang bisa diterapkan adalah melakukan strategi defensif yang memfokuskan pada pasar wisata. Langkah yang perlu diambil diantaranya adalah lebih meningkatkan promosi dan informasi tentang kawasan Bromo Tengger sebagai kawasan destinasi 10 pengembang prioritas (Tourism Branding Wonderful Indonesian). dan mengusulkan dalam agenda program wisata tahunan , memperbaiki sarana dan prasarana infrastuktur (assesibilitas) dan transportasi (amenitas) , serta mengenalkan atraksi budaya.