Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru

Abstract

Abstract. Yuni Kasmawati, 2020. Teacher collaboration is a means for teachers to improve their competence in the form of knowledge, skills and experience. Competence is needed by teachers to support their performance. This study aims to examine the improvement of teacher competency through the teacher collaboration approach. The study was conducted using the literature review method by utilizing the publication of previous research results. The results of the study concluded that teacher collaboration has a positive impact not only on teachers, but also on students and schools. From the teacher's side, collaboration plays a role in increasing competencies in the form of teacher's knowledge, skills and experience. Furthermore, teacher competence will play a role in supporting teacher performance which will ultimately improve student achievement.Keywords:Abstrak. Yuni Kasmawati, 2020. Kolaborasi guru merupakan sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan maupun pengalaman. Kompetensi dibutuhkan guru untuk menunjang kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kompetensi guru melalui pendekatan kolaborasi guru. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan literatur dengan memanfaatakan  publikasi hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kolaborasi guru mempunyai dampak positif tidak hanya bagi guru, tetapi juga bagi siswa dan sekolah. Dari sisi guru, kolaborasi berperan dalam meningkatkan kompetensi berupa pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman guru. Selanjutnya kompetensi guru akan berperan dalam menunjang kinerja guru yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi siswa.Kata kunci : kompetensi, kolaborasi, tinjauan teoritisAbstrak. Yuni Kasmawati, 2020. Kolaborasi guru merupakan sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan maupun pengalaman. Kompetensi dibutuhkan guru untuk menunjang kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kompetensi guru melalui pendekatan kolaborasi guru. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan literatur dengan memanfaatakan  publikasi hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kolaborasi guru mempunyai dampak positif tidak hanya bagi guru, tetapi juga bagi siswa dan sekolah. Dari sisi guru, kolaborasi berperan dalam meningkatkan kompetensi berupa pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman guru. Selanjutnya kompetensi guru akan berperan dalam menunjang kinerja guru yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi siswa.Kata kunci : kompetensi, kolaborasi, tinjauan teoritis