Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan Terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK) dI Kota Cilegon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persentase ketersediaan sarana pendidikan di Kota Cilegon, serta pengaruhnya terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK). Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ketersediaan sarana pendidikan dan APK jenjang pendidikan TK di Kota Cilegon memiliki pengaruh yang moderat, dengan nilai koefisien regresi R2  sebesar 0,482, ketersediaan sarana pendidikan terhadap APK jenjang pendidikan SD di Kota Cilegon memiliki pengaruh yang signifikan, dengan nilai koefisien regresi R2 sebesar 0,854 sedangkan ketersediaan sarana pendidikan terhadap APK jenjang pendidikan SMP di Kota Cilegon tidak memiliki hubungan yang signifikan, dengan nilai koefisien regresi R2  sebesar 0,124.