Analisis Sosial Terhadap Sekolah Unggulan dan Non Unggulan Kabupaten Enrekang

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sudut pandang sosial tentang perbedaan kualitas antara sekolah unggulan dan non unggulan,Untuk mengetahui persepsi masyarakat  dari segi kekurangan, dan kelebihan antar sekolah unggulan dan non unggulan. Secara khusus penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Mengetahui secara khusus yang menjadi wacana perbedaan di sosial tentang sekolah unggulan dan non unggulan Faktor-faktor yang membedakan antar sekolah unngulan dan non unggulan. adapun Jenis  penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Jenis penelitian kualitatif dan Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan fenomenologi.                  Adapun Analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan verifikasi dan selain itu adapun  Instrumen Penelitian di lakukan peneliti sebgaia berikut  Interview atau wawancara dan Observasi.                 Hasil analisis dari hasil wawancara dengan masyarakat berkaitan dengan sudut pandang terhadap sekolah unggulan dan non unggulan di mana masyarakat melihat kualitas sekolah dari segi fasilitas yang layak dan itu hanya dimiliki oleh sekolah unggulan di mana fasilitas dalam hal dunia pendidikan hampir semua mencakupi di sekolah unggulan sedangkan sekolah non unggulan bukannya tidak memiliki Cuma kurang maksimal, Yang selanjutnya kualitas yang di hasilkan oleh sekolah unggulan lebih baik dibandingkan sekolah non unggulan di mana sistem cara mendidik di sekolah unggulan lebih baik dibandingkan di sekolah non unggulan,Sesuai hasil penelitia di mana pendapat dari pihak pemerintah yang hanya menjalankan aturan sudah di perlakukan, pemerintah tidak aslal ambil keputusan di mana  parapemerintah hanya mengikuti seusatu yang sudah di tetapkan dalam hal pengadaan sekolah unggulan dan non unggulan dimana mereka hanya menjalankan sesuai dengan job yang telah mereka tempati dan ikuti aturan dan apabila sekolah sudah memenuhi aturan maka pemerintah tidak berhak menundanya.   Kata Kunci : Analisis Sosial , Sekolah Unggulan dan Non Unggulan