Tapak Suci dan Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan tapak suci dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian bersifat kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, dengan kriteria siswa yang ikut dalam ekstrakurikuler Tapak suci. Data dari hasil wawancara diorganisasikan, dikelompokkan, dan selama atau sesudah analisis data dilakukan telaah kepustakaan yang relevan dengan masalah penelitian ini. Kegiatan analisis data ialah mengatur, mengukur, mengelompokkan, memberikan kode, dan mengategorikannya. Proses pembentukkan karakter siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di SMA Negeri 1 Malangke dilaksanakan seperti menanamkan nilai disiplin, seperti datang tepat waktu, menaati peraturan, dan disiplin beribadah. Nilai religius ditanamkan melalui berdoa sebelum dan sesudah latihan, wisata alam, melaksanakan shalat. Nilai kreatif ditanamkan melalui penguasaan jurus tapak suci dan melalui kegiatan seperti bakti sosial yang memancing daya pikir siswa. Nilai komunikatif ditanamkan melalui kegiatan dan penugasan kelompok serta siswa yang dekat dengan pelatih untuk bercerita masalahnya. Nilai menghargai prestasi ditanamkan melalui pemberiaan penghargaan bagi siswa yang menang pertandingan dan menerima kekalahan jika belum berhasil menang. Nilai cinta tanah air ditanamkan menggunaan seragam tapak suci dan bahasa resmi ketika latihan serta melalui pengajaran materi ke-tapak suci-an. Nilai peduli sosial ditanamkan melalui kegiatan yang berguna bagi kepentingan bersama seperti bakti sosial. Kata Kunci : Tapak Suci,Karakter, Siswa