Pengembangan Media Pembelajaran Daring Audio Visual Melalui Youtube Prosedur Keperawatan Maternitas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran inovatif mata kuliah 1000 persalinan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, pengembangan media pembelajaran audio visual berani melalui YouTube. Sampel peneltian 30 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jayakarta. Pengumpulan data menggunakan format checklist, prosedur, dan evaluasi media pembelajaran. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitianini telah berisi video pembelajaran prosedur-prosedur persalinan. Hasil evaluasi siswa menunjukkan 96,7% menyetujui video pembelajaran membantu memahami materi perkuliahan dan membuat mahasiswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. 93.3% mendukung lebih bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, 96.7% mendukung Video membantu mahasiswa mampu melakukan redemonstrasi sesuai video contoh. Seluruh mahasiswa (100%) menyetujui Video membantu mempraktekkan prosedur yang dilakukan secara mandiri. mahasiswa (96.7%) menyetujui video yang percaya diri saat ujian praktek karena kesempatan untuk dapat latihan mandiri. sebagian besar mahasiswa (63,3%) tidak merasa terbebani dengan penugasan membuat video redemonstasi prosedur kolaborasi maternitas dan 63.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa telah tersusunnya video demonstarsi prosedur perawatan membantu mahasiswa untuk mendemonstarsikan kembali prosedur yang telah diajarkan. Rekomendasi penelitian ini adalah melanjutkan tahapan selanjutnya untuk pembuatan Modul Prosedur 1000 Maternitas.