Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah banyak membuat perubahan. Perubahan yang terjadi begitu cepat membuat konsumen mengubah perilakunya dalam memperoleh barang dan jasa. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi atau gambaran umum tentang situasi yang terjadi pada perubahan perilaku konsumen di saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumen pada indikator mencari informasi terkait barang dan jasa dilakukan dengan mendatangi lokasi disaat pandemi covid-19 .Perubahan perilaku konsumen pada indikator membeli barang / jasa sedikit dilakukan dengan mendatangi pasar tradisional atau pun minimarket terdekat disaat pandemi covid-19. Perubahan perilaku konsumen pada indikator menggunakan barang / jasa lebih banyak dilakukan dengan syarat dan mensterilkan terlebih dahulu sebelum pandemi Covid-19 . Tidak terdapat perubahan perilaku konsumen pada indikator mencampakkan kemasan barang sebelum atau disaat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian disingkat bahwa terdapat perubahan pada perilaku konsumen disaat pandemi Covid-19 pada indikator mencari informasi, menggunakan, dan membeli.