Discovery learning dengan memanfaatkan kemasan kudapan: Analisis keterampilan menulis teks persuasi
Abstract
Abstract. This studi aimed to investigate the form of persuasive text written by eight grade students of MTs Darussalam Deru, Sumberrejo, Indonesia in discovery learning. This study was qualitative research in form of case study with 28 students as the research subjects. Four students were chosen to be interviewed because the persuasive text was in line with the indicators. Techniques of collecting data were observation, test method, interview, and documentation. The data was validated by using triangulations of data sources and method. Technique in analysing data was content analysis that was started from 1) data reduction, 2) data presentation, 3) drawing conclusion and verification. The results of this study showed that the structure of persuasive text written by the eight grade students of MTs Darussalam Deru, Sumberrejo, Indonesia had been referred to the structure that was well appropriated to the theory of Kosasih. The conclusion of this study showed that the discovery learning by using a wrapped media was appropriate to be implemented. It could train the students in improving their cognitive skills and curiosities. Keywords: Persuasive text, discovery learning, wrapped media Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk teks persuasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia pada pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan jumlah subjek 28 siswa. Dari 28 siswa kemudian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks persuasi sesuai dengan indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis yang dimulai dari 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks persuasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia sudah mengacu pada struktur teks persuasi sesuai dengan teori Kosasih dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran discovery learning berbantuan media kemasan kudapan sangat tepat diterapkan pada pembelajaran. Pembelajaran discovery learning berbantuan media kemasan kudapan dapat melatih siswa dalam meningkatkan keterampilan kognitif dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa. Kata kunci: Teks persuasi, discovery learning, kemasan kudapan