Peningkatan Kompetensi PTK Guru SD melalui Pendampingan PkM di Masa Pandemi

Abstract

Kegiatan ini dilatar belakangi karena masih banyak guru yang belum paham mengenai apa itu PTK, bagaimana melakukan PTK, dan bagaimana membuat laporannya menjadi sebuah karya ilmiah, serta bagaimana sistematika penyusunan karya ilmiah. Masalah ini menimbulkan kendala bagi guru yang akan melakukan proses kenaikan jabatan atau untuk memperoleh sertifikasi. Karena itu kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman mendalam pada guru sekolah dasar (SD) mengenai PTK dan bagian-bagiannya. Dalam kegiatan ini menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi, diskusi, tanya jawab, sharing dan praktek menyusun kerangka penelitian dengan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini peserta berhasil menyusun kerangka penelitian dari pengalaman mengajar sehari-hari dan dapat dikembangkan menjadi proposal serta laporan penelitian yang dapat di aplikasikan langsung dikelas masing-masing. Hendaknya kegiatan pendampingan seperti ini lebih sering dilakukan, karena meskipun telah banyak pengabdian ataupun kegiatan serupa yang dilakukan diberbagai daerah namun tetap belum mampu mengatasi kendala guru dalam menyusun atau menulis karya ilmiah.