Meningkatkan Kreatifitas Guru TK Dan RA Dalam Pembuatan Seni Kertas Origami Se-Provinsi Riau
Abstract
Karakteristik cara anak belajar dapat dijadikan acuan untuk memilih dan melaksanakan metode pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini. Salah satu kegiatan yang dapat mendukung motorik halus anak yang belum banyak dikembangkan di TK dan RA adalah seni melipat kertas yang disebut Origami. Pembelajaran seni origami dapat meningkatkan kembali penurunan kreatifitas dan daya belajar anak yang dapat merangsang motorik halus anak. Tujuan dilaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan guru-guru TK dan RA tentang peningkatan kreatifitas mereka melalui media seni origami yang diberikan kepada anak usia dini di sekolah. Sedangkan metode yang dilakukan berupa pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari, yang berisi ceramah dan praktik. Hasil dari pelaksaan kegiatan Pengabdian ini adalah guru-guru TK dan RA merasa puas dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali dan tidak hanya terpusat di satu tempat saja tetapi bisa dilakukan di daerah-daerah lain di provinsi Riau.Kata kunci: Seni, Origami, Anak.