Pelatihan Penyusunan dan Publikasi Artikel Ilmiah Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Berdasarkan rangkuman identifikasi permasalahan yang terjadi pada sekolah tersebut diantaranya kurangya budaya membaca dan menulis dan belum maksimalnya sosialisasi terkait dengan penulisan artikel ilmiah dalam bentuk kegiatan penulisan. Kegiatan pelatihan di laksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan kompetensi guru dalam penyusunan dan publikasi artikel ilmiah. Kegiatan pelatihan dilakukan secara luring dan daring mengingat kondisi pandemi indonesia yang meghadapi pandemi covid 19. Evaluasi kegiatan terdiri dari (1) faktor pendukung salah satunya dukungan pihak Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Tumpeng Bondowoso dan kerjasasma dengan tim pengabdi (2) faktor penghambat berupa pandemi covid 19 dan kemampuan guru dalam memahami penyusunan dan publikasi artikel ilmiah yang nantinya dimuat dijurnal sebelumnya. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan guru dalam penyusunan dan publikasi artikel ilmiah.