Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Membangun Karakter Melalui Buku Cerita Anak Dwi Bahasa

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan pembuatan bilingual children story book yang digunakan untuk meningkatan kemampuan membaca siswa dan membentuk karakter siswa.  Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu penyadaran/peningkatan pemahaman terhadap pembuatan buku cerita anak dwi bahasa. Penulis melibatkan 50 siswa yang belajar Bahasa Inggris di Jampang English Village. Dalam proses pemerolehan data, penulis menggunakan kuesioner untuk memperoleh jenis kemampuan Bahasa dan tanya jawab kepada staf pengajar untuk memperoleh contoh pembentukan karakter anak. Hasil dari kegiatan adalah terdapat tiga kemampuan Bahasa anak setelah kegiatan membaca: pronunciation, pemahaman isi cerita dan pesan moral, juga kosakata dalam Bahasa Inggris. Di samping itu, terdapat 6 pembentrukan karakter anak: sopan santun kepada yang lebih tua, toleransi terhadap perbedaan, saling menyanyangi, menghindari penyakit hati, bersyukur dan menghargai waktu. Dapat disimpulkan bahwa membaca bilingual children story book dapat meningkatkan kemampuan membaca khususnya segi Bahasa dan pembentukan karakter anak.