Penyuluhan Pengelolaan Online Shop Berbasis Media Sosial Pada Rumah Kreatif Clothing House Of Plain (HOP)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi internet dan semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19, pemasaran secara online dilakukan oleh industri clothing (usaha konveksi) di Kota Bandung. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membekali wawasan dan keterampilan pengelolaan online shop melalui media sosial pada pengelola rumah kreatif House Of Plain (HOP) Bandung. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode penyuluhan melalui teknik seramah (presentasi dan diskusi virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Hasil penyuluhan menunjukkan peserta secara umum memahami materi yang disampaikan, peserta merasa terbantu dengan adanya kegiatan penyuluhan dan peserta mampu mengimplementasikan dengan mencoba aplikasi media sosial yang dikuasainya untuk memasarkan produk konveksi. Demikian perlu dikembangkan aplikasi pemasaran produk konveksi berbasis media sosial yang lebih mudah penggunaannnya.