MODEL KONSUMSI PEDULI MASLAHAH IBU-IBU MILENIAL

Abstract

Studi ini menggambarkan model konsumsi peduli maslahah oleh ibu-ibu milenial yang hobi dalam berbelanja online, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hobi belanja online ibu-ibu milenial dan untuk merumuskan suatu model konsumsi peduli maslahah hobi belanja online ibu-ibu milenial. Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan keilmuan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hobi belanja online ibu-ibu milenial sangat berkembang, mereka lebih memilih berbelanja online dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga hobi berbelanja online menyebabkan tingkat konsumsinya akan bertambah. Model konsumsi peduli maslahah menggunakan pendekatan marginal maslahah sebuah metode yang digunakan dalam mengukur tingkat maslahah konsumen dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Pada pendekatan ini, digunakan persamaan marginal maslahah (MM) seperti ini: M=F(1+βip) bahwa perubahan tingkat maslahah baik manfaat fisiknya maupun manfaat non-fisiknya, sebagai akibat berubahnya jumlah barang yang dikonsumsi.