EFIKASI DIRI, PENGALAMAN MENGAJAR, DUKUNGAN FASILITAS, PEDAGOGIK, DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMPUTER

Abstract

Ada banyak faktor yang menyebabkan guru menggunakan teknologi komputer di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi beberapa faktor penting yang berkontribusi terhadap penggunaan teknologi komputer oleh guru. Tujuan pertama dari tulisan ini adalah untuk membahas efikasi diri komputer. Tujuan kedua adalah menjelaskan pengalaman mengajar. Tujuan ketiga adalah untuk mengelaborasi dukungan teknologi komputer yang tidak memadai. Tujuan keempat adalah untuk menyelidiki praktik pedagogik guru. Tujuan terakhir adalah untuk mengkaji perkembangan profesional dalam integrasi teknologi computer dalam pembelajaran. Metode Penelitian menggunakan metode deskriptif kepustakaan. Dengan Hasil Penelitian Lima faktor yang berkontribusi dalam penggunaan teknologi komputer oleh guru di kelas dibahas dalam tulisan ini. Mereka adalah efikasi diri komputer, pengalaman mengajar, dukungan teknologi komputer yang tidak memadai, praktik pedagogik guru, dan pengembangan profesional dalam integrasi teknologi komputer. Peneliti memeriksa apakah faktor-faktor di atas dapat meningkatkan penggunaan teknologi komputer oleh guru. Hasil dari tulisan ini menyarankan agar perubahan positif dapat dilakukan dalam proses pendidikan bagi guru untuk menggunakan teknologi komputer. Guru harus menggunakan teknologi komputer dengan tetap menyadari tujuannya, keefektifannya, dan faktor-faktor yang mengarah pada pengajaran dan pembelajaran yang lebih baik di kelas mereka. Studi tersebut menyarankan bahwa penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil tentang bagaimana mendorong guru untuk menggunakan teknologi komputer ke dalam pembelajaran kelas mereka.