IMPLIKASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana implikasi kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka di mana data-data yang ada didapatkan dari berbagai literature terkait dan relevan dengan tema penelitian. Pendekatan dan teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi secara sistematis dan komprehensif, sehingga bisa mendapatkan data yang akurat dan sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian ilmiah. Hasil penelitian menemukan bahwa, Ada beberapa poin penting terkait implikasi dari kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pengelolaan pembelajaran yaitu sebagai berikut: pembelajaran lebih tersistematis dan tersusun, guru selalu memberikan yang terbaik bagi peserta didik dalam keadaan apapun, guru tidak hanya sekedar mengajar namun juga mendidik, guru objektif dalam melakukan evaluasi, dan guru bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi demi tercapainya sebuah pembelajaran yang berkualitas.