HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK DI GORONTALO
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecedasan emosional dengan sikap belajar peserta didik di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional (correlation study) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap belajar peserta didik di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 176 orang, karena populasi dalam penelitian ini termasuk dalam kategori banyak, maka peneliti tidak menggunakan populasi namun menggunakan sampel yaitu sebanyak 58 orang. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan angket, dan jenis analisis yang digunakan berupa uji normalitas dan uji korelasi menggunakan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan sikap belajar peserta didik yaitu sebesar 53% dan diperoleh thitung > ttabel 7.947 > 2.074 ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan sikap belajar peserta didik di SDN 73 Kota Timur Kota Gorontalo.