Hubungan Konsep Diri Akademik Dengan Belajar Berdasar Regulasi Diri Pada Siswa Kelas XII Man Kotamobagu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan mengetahui gambaran hubungan antara konsep diri akademik dengan belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas XII MAN Kotamobagu Sulawesi Utara. Subyek dalam penelitian ini adalah 80 siswa Kelas XII MAN Kotambagu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 2 skala yaitu konsep diri akademik dan belajar berdasar regulasi diri. Analisis data diolah dengan metode analisis regresi menggunakan program SPS-versi 15.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat signifikan konsep diri akademik dengan belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas XII MAN Kotamobagu. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai F = 11,614 dengan p = 0,00 (p < 0.01). Konsep diri akademik berperan sebesar 16,6 % dan 83,4 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Hasil uji analisis konsep diri akademik dengan belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas XII MAN Kotamobagu, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan. Nilai yang diperoleh dari korelasi parsial sebesar = 0,402 t hitung = 0,4737 dengan p = 0.00 (p < 0.01).