MANAJEMEN LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Lingkungan pendidikan memiliki pengaruh terhadap peserta didik. Pengaruh tersebut tergantung jenis lingkungan pendidikan tempat peserta didik terlibat didalamnya salah satu contoh dari pengaruh lingkungan adalah ketika peserta didik belajar di tempat yang nyaman, maka pembelajarannya akan berpengaruh positif terhadap peserta didik. Begitu pula sebaliknya, untuk itu lingkungan yang nyaman dan mendukung terselenggaranya suatu pendidikan sangat dibutuhkan dan turut berpengaruh terhadap pencapaian tujuan penddidikan yang diinginkan, agar tercapainya lingkungan pendidikan yang diinginkan atau dengan kata lainlingkungan yang efektif maka membutuhkan pengelolahan yang efektif pula. Hal ini sesuai dengan sistem pendidikan Islam. Dalam sistem pendidikan Islam, lingkungan harus menciptakan sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik pendidikan Islam itu sendiri. Alasan itu pula yang melatarbelakangi penulis menulis artikel ini.