MENGEMBANGKAN SIKAP KEMANDIRIAN MELALUI PENDIDIKAN BOARDING SCHOOL DI MADRASAH TSANAWIYAH HUBULO KECAMATAN TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: sikap  kemandirian  melalui  pendidikan Boarding School, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sikap  kemandirian  melalui  pendidikan Boarding School di Madrasah Tsanawiyah Hubulo Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologis-edukatif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, pembina asrama dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui 1) Ketekunan pengamatan, 2) Perpanjangan keikutsertaan dan 3) Trianggulasi. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa sikap  kemandirian  melalui  kegiatan Boarding School di Madrasah Tsanawiyah Hubulo Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango diantaranya mengurus keperluan diri maupun belajar mandiri dilakukan secara berulang-ulang yang menjadikan suatu kebiasaan seperti kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan dengan keteladanan, kegiatan dilakukan atas dasar inisiatif sendiri, tanggung jawab, serta disiplin. Faktor pendukungnya adalah adanya pandangan yang sama antara asrama dan sekolah, aturan di asrama dan sekolah serta kerjasama team yang baik yang didasari oleh semangat pengabdian pengelola kegiatan Boarding School. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu adanya latar belakang keluarga, adanya keragaman watak peserta didik, sebagian kecil peserta didik yang tidak tahan dengan kondisi lingkungan asrama, kemandirian belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri peserta didik, maupun yang berasal dari luar yaitu lingkungan keluarga, sekolah, sosial ekonomi dan masyarakat. Implikasi sikap kemandirian peserta didik menunjukkan tingkat kemandirian yang baik dalam hal kemandirian emosional, tingkah laku dan kemandirian nilai.