Studi Komparasi Model Pembelajaran PAI Antara Peserta Didik Program Unggulan Dan Smart Tahfiz Kelas 1 MINU Trate Putri Gresik

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran yang diterapkan di MINU Trate Putri Gresik. Sebagai obyek dari penulisan ini adalah MINU Trate Putri Gresik. Penulisan ini merupakan perbandingan antara model pembelajaran yang diterapkan pada program kelas unggulan dan program kelas smart tahfiz kelas 1. Pada penelitian ini peneliti meninjau kembali bagaimana proses belajar dalam madrasah, peneliti mendapatkan banyak hal baik secara pengamatan maupun informasi tentang proses pembelajaran di program Unggulan dan Smart Tahfiz yang dimana pada kedua program ini menerapkan proses pembelajaran yang berbeda. Pada proses pembelajarannya dua kelas ini sedikit terdapat perbedaan dalam modelnya. Yang mana pada program unggulan menggunakan model pada umumnya sedangkan pada program smart tahfiz pembelajarannya menggunakan model yang ditambahi dengan pembelajaran al-Qur’an. Dengan berbedanya dua program kelas ini maka berbeda pula model dalam pembelajaran peserta didik di program ini pula. Hasil dari model pembelajarannya yang dapat terlihat secara langsung yaitu berbedanya kebiasaan anak dalam setiap melakukan kegiatan disekolah. Pada pengamatan penulisan ini penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mencari data yang pasti. Dengan melihat proses pembelajaran seperti itu penulis melakukan pengamatan dan membandingkan antara model pembelajaran di program unggulan dan program smart tahfiz. Dan dari pengamatan yang dilakukan penulis dapat dihasilkan bahwa model pembelajaran antara dua program ini hampir sama dalam modelnya tetapi berbeda dalam prosesnya.