Pemanfaatan Media Al Qur’an Digital Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hasanah Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hasanah Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Gresik setelah menggunakan Al Qur’an Digital. Latar belakang ini di landasi karena pembelajaran Al Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hasanah Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik masih menggunakan pembelajaran konvensional atau media cetak dan media papan tulis dalam kegiatan belajar mengajar membaca Al Qur’an. Artikel ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Penggalian data dalam artikel ini menggunakan obsevasi, interview, eksperimen, dan kuesioner. Dengan memanfaatkan Al Qur’an Digital tentu berbeda dengan pembelajaran konvensional. Sehingga akan nampak perbedaan kejiwaan dan perasaan peserta didik setelah menggunakan Al Qur’an Digital. Dari hasil artikel tersebut ditemukan bahwa secara spesifik penggunaan al-Qur’an Digital dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tartil al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hasanah. Yakni ditunjukkan dengan aktifnya peserta didik dan konsentrasi dalam proses belajar mengajar serta proses belajar mengajar dirasa menyenangkan.