Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Interelasi Pendidikan Agama Islam dan Mata Pelajaran Kejuruan di SMK Shalahuddin Malang

Abstract

Dinamika perkembangan ilmu pengetahuan menuntut semua lembaga pendidikan mengembangkan keilmuannya. Salah satunya SMK Shalahuddin Malang yang mengembangkan kurikulum dan pembelajaran berbasis interelasi yang mengkorelasikan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Mata Pelajaran Kejuruan (MPK). Jenis penelitian ini adalah riset and development (R & D) yang dikenal dengan istilah penelitian pengembangan. Adapun hasil penelitian mengungkap bahwa, seluruh produk pengembangan memiliki kategori sangat baik, dan khusus bahan ajar PAI berbasis interelasi memiliki tingkat kefektifan, efisiensi, dan kemenarikan yang sangat tinggi, serta sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pengguna, Dari hasil akhir penilaian ahli isi, ahli desain dan para pengguna yang selanjutnya telah dilakukan perbaikan secara langsung, maka produk pengembangan ini dapat didesiminasikan atau digunakan.