Perilaku Agresif Peserta Didik di SDIT Al Huda Ditinjau Berdasarkan Teori Belajar Bevahioristik Albert Bandura

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan perilaku agresif berdasarkan teori belajar behavioristik. Penulis menemukan fakta adanya perilaku agresif pada peserta didik di SDIT AL Huda Sangkapura Bawean. Perilaku agresif tersebut ditunjukkan dalam berbagai bentuk sebagai manifestasi beragam faktor. Penelitian ini penting dilakukan sebagai dasar pijakan bagi guru dalam melakukan penanganan perilaku agresif yang mengganggu proses belajar mengajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II SDIT Al Huda Bawean sebanyak dua peserta didik. Teknik pengumpulan data pada artikel ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu perilaku agresif muncul karena adanya peniruan ( modelling).