Implementasi Total Quality Manajemen pada Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar NU Nurul Islah Gresik

Abstract

Pendidikan Sekolah Dasar adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggunakan metode analisis data secara kualitatif karena metode tersebut menggambarkan dan memaparkan hasil penelitian berupa keadaan atau peristiwa dan suatu objek sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI dapat dilakukan dengan mengajarkan cara menghargai teman dan menyayangi ibu bapak yang diajakan pendidik. Nilai ibadah di SD NU Nurul Islah di Kabupaten Gresik diterapkan melalui mengajarkan praktek mendirikan sholat termasuk bagaimana pula urutan pengambilan air wudhu yang diajakan pendidik.