Hubungan MPLS Dalam Mengurangi Kasus Bullying di Sekolah Wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengurangi Bullying melalui MPLS di Sekolah, dan mendapatkan model pelaksanaan program MPLS yang tepat sasaran dan tepat guna. Judul penelitian ini adalah hubungan MPLS dalam mengurangi kasus Bullying di sekolah wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Seberapa besar pengaruh MPLS terhadap mengurangi terjadinya Bullying di sekolah wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta ?, 2) Bagaimana mengurangi Bullying melalui program MPLS untuk sekolah di wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian korelasi atau korelasional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka kesimpulan yang dapat diambil adalah : 1) Dari 10 (Sepuluh) sekolah yang menjadi sampel dalam penelitian ini dapat disampaikan bahwa terdapat pengaruh antara MPLS terhadap Bullying di sekolah, pengaruhnya sebesar 43 %. Pengaruh ini dikategorikan cukup berpengaruh. 2) Cara mengurangi Bullying disekolah melalui program MPLS untuk sekolah wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta adalah dengan mengurangi keterlibatan peserta didik senior dalam pelaksanaan MPLS di sekolah. Karena keterlibatan peserta didik senior dalam pelaksanaan MPLS rentan terjadinya kekerasan baik itu Verbal ataupun Non Verbal