PEMAHAMAN KONSEP SISWA SD PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kalor dan perpindahannya ditinjau dari gaya belajar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA di SD Negeri 83 Singkawang berjumlah 21 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes berupa lembar pemahaman konsep dan teknik non tes berupa angket gaya belajar siswa dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada kategori gaya belajar visual, auditori dan kinestetik memiliki persamaan, yaitu kurang menguasai indikator memberikan contoh, mengklasifikasikan, dan membandingkan, serta tidak menguasai indikator menafsirkan dan menjelaskan; Faktor internal yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa pada ketiga kategori gaya belajar, baik gaya belajar visual, auditori, maupun kinestetik adalah daya ingat siswa lemah, minat baca siswa rendah, siswa kurang teliti memahami soal, dan keterampilan menulis siswa rendah, serta faktor eksternal pada ketiga gaya belajar tersebut, yaitu fasilitas yang didapat siswa selama proses pembelajaran daring belum maksimal dan pembelajaran yang dilakukan siswa selama daring kurang efektif.