UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK HADI BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada masyarakat muslim saat ini khususnya orang tua, ulama, guru dituntut untuk memiliki sikap isyfaq (peduli, khawatir, dan peduli terhadap kondisi dan dunia anak) sebagai generasi penerus. Hal ini bertujuan untuk membawa mereka kepada keyakinan bahwa Allah SWT adalah Tuhan mereka dan Al-Qur'an adalah Firman-Nya sehingga roh Al-Qur'an dapat bersemayam dalam jiwa mereka, cahayanya menyinari pikiran mereka, akal mereka, indra mereka dan mereka. sehingga mereka menerima keyakinan Al-Qur'an sejak kecil dan tumbuh menjadi dewasa atas cinta Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Untuk analisis data digunakan teknik analisis deskriptif dalam upaya membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah dengan menggunakan kurikulum yang tepat, mempersiapkan pembelajaran sesuai kurikulum, tenaga pengajar yang profesional, menerapkan strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Faktor yang mempengaruhinya adalah faktor kesiapan guru, faktor pribadi siswa, faktor keluarga, dan faktor lainnya yaitu faktor lingkungan. Manfaat upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam memiliki tiga manfaat, yaitu terhadap kepribadian peserta didik, terhadap keluarga, terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik.